Donasi Blog ini dengan hanya melakukan pencarian disini!

Monday, March 31, 2008

THERMOMETER

Anda pasti pernah mengenal kata "Thermometer" ?
ya.. jika Anda pernah sakit panas dan seorang Dokter/Suster/Perawat akan mengeluarkan sebuah alat untuk mengukur suhu tubuh Anda maka Anda akan tau kalau alat itu adalah "Thermometer", berikut gambarnya:

Alat pengukur suhu udara ini sebenarnya sudah dikenal orang sejak lama, akan tetapi orang pertama yang dianggap sebagai penemunya atau penciptanya adalah disebut-sebut nama Galileo. Di samping itu salah seorang sahabatnya yang bernama Sanctonius telah menciptakan apa yang dikenal sebagai alat pengukur suhu/panas badan manusia.

Thermometer pertama yang dianggap tepat ukurannya adalah ciptaan seorang Jerman bernama Gab-Riele Fahrenheit.

Ia yang seorang dokter itu, menciptakan alat ini dengan menggunakan cairan mercury pada tahun 1714. Lain lagi dengan seorasng Perancis bernama Rene Reamur, yang membuatnya dengan mempergunakan cairan alkohol yang diciptakannya pada tahun 1730. Terakhir sekali seorang Denmark pada tahun 1742 menciptakan thermometer dengan skala 100 derajat. Orang tersebut bernama Anders Celcius.

3 comments:

Anonymous said...

thermometer, alat itu sangat bermanfaat sekali tuh... kebanyakan dr tiap rumah pasti ada alat itu.. selain bermanfaat harganya pun terjangkau...
tq yah di ingat kan kembali tentang asal usul alat itu...

Redaksi Penemu said...

Owezz... di ingatkan, namanya juga blom Redaksi Penemu.
Sekali lagi terimakasih sudah mengunjungi blog ini Laura!

anastasialuvblack said...

penemu...
banyak penemu...
sangat informatif...
bisa dibikin buku dunk...

hu3...
btw,narsis juga yah nih blog...
foto segede gambreng dipajang....
hu3....

ganbatte...